Setiap guru menginginkan setiap anak didiknya berhasil, rasa bangga terlihat apabila mendapat juara antar sekolah, olimpiade bergengsi seolah-olah dia anak kandung sendiri ujar seorang Wali kelas. Pengalaman lainya suatu kebanggaan misalnya semua siwa kelas 1 SD sudah bisa membaca ( walau anak umur 8 tahun tidak wajib tahu membaca) atau saat penerimaan rapor semua anak didiknya naik kelas, bukankah ini suatu prestasi yang dapat dibanggan bukan?.
Untuk mewujudkan kebanggaan itu harus ada kerjasama antara guru, orang tua dan siswa bahkan pemerintah. Pemerintah mencoba mengubah kurikulum dari tahun ketahun, dan para pakar pendidikan mencoba membuat kebijakan yang lebih baik. Bahkan sebagian guru pasti pernah timbul dalam pikiran bosan dengan perubahan, para guru berharap menemukan suatu pola yang sesuai untuk perbaikan pendidikan.
Nah untuk menepis ketidak senangan atas berbagai perubahan itu, Setidanya bapak/ibu guru harus mengetahui 8 kecerdasan anak ,tipe kepribadian anak dan apa manfaatnya buat guru sebagai tenaga pendidik dan siswa yang anda bimbing. Sebab apapun perubahan yang dibuat mengatas namakan perbaikan kualitas pendidikan, jika guru telah mengetahui 8 kecerdasan anak dan tipe kepribadian setiap anak anda tidak perlu pusing itu hanyalah modifikasi, menambahkan atau menggabungkan berbagai ide yang dianggap baik saat ini.
Sumber:www.blurb.com
Dr. Howard Gardner, seorang Profesor bidang pendidikan di Harvard University, Amerika Serikat mengemukakan, mencoba memberikan penjelasan, membagi 8 jenis kecerdasan, dan dikenal sebagai Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Beliau berpendapat setiap orang dianugrahi 8 kecerdasan ini tentu dengan taraf yang berbeda. Berikut penjelasan singkat 8 kecerdasan anak :
1. Kecerdasan Linguistik
Kecerdasan linguistik adalah kecardasan anak berbahasa baik secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan ini terlihat anak suka cerita, menulis,suka memperagakan apa yang dilihat dalam film, terkadang dia mau seorang nenek sihir, sinderella , bagi yang perempuan atau memperagakan gaya bicara, ayah sedang marah,atau kakek sedang melawak bagi anak laki-laki. Profesi yang sesuai untuk kecerdasan ini adalah guru bahasa , gurnalis, pengacara, wartawan, pelawak, Pembawa acara, Pendeta, Ustat, HRD,ahli pemasaran dll.
2. Kecerdasan Logika-Matematika
Kecerdasan Logik adalah kecerdasan berhungan dengan angka, kecerdasan ini terlihat pada anak yang suka mata pelajaran menghitung misalnya,matematika, akutansi, kimia, fisika atau sains.Profesi yang sesuai akuntan, ahli statistik, ahli konstruksi (sipil), ahli geologi pertambangan , perbankan, planologi dll.
3. Kecerdasan Visual-Spasial
Kecerdasan visual spasial adalah kecerdasan pada seni visual dan gambar. Ciri –ciri anak dengan kecerdasan ini misalnya anak suka menggambar berbagai hal,suka dengan warna,tekstur, bahan pola, potongan, modifikasi. Profesi yang sesuai komikus, arsitek, desainer fashion/produk/ tekstil, pelukis, pembuat kerajinan, desain grafis, desain lansekap, animator, tatarias, ahli mesin, Chef dll.
4. Kecerdasan Musikal
Kecerdasan musik adalah jenis kecerdasan dalam seni baik berupa suara maupun alat musik.Ciri-ciri anak dalam kecerdasan ini adalah keinginan atau kemampuan anak bernyanyi, bersenandung misalkan disekolah sianak paling suka bernyanyi bahkan dia rela dihukum asalkan bisa bernyanyi pernahkan bapak iburu menemukan anak seperti ini?. Apabila disuruh bernyanyi tanpa ragu sianak maju kedepan atau langsung tunjuk tangan dengan mantap dia mentap semua teman sekelas kemudian mengeluarkan suarnya dengan tenang bahkan sebagaian anak telah mampu menyesuaikan gerak atau mimik sesui karakter lagu yang dia bawakan. Demikian juga anak remaja mungkin dia akan kursus musik, olah vokal, ikut dalam kegiatan paduan suara sekolah, bahkan nyanyi di kamar mandi.
5. Kecerdasan Gerak Kinestetik
Kecerdasan kinestetik adalah kecerdasan olah gerak tubuh , guru biasanya sangat kewalahan menghadapi anak dengan kecerdasan ini apa lagi untuk usia tarap sekolah dasar kelas 1dan 2.Guru perlu memahami selain kondisi anak pada tahap ini selain pada masa ini anak kebanyanya bermain dan sangat aktif.Jenis profesi yang disarankan uintuk jenis kecerdasan ini, semua jenis olah raga misalnya , angkat besi, polo air, renang, trainrer fitnes, panah, lompat indah, lari pekerjaan yang mengandalkan ketangkasan polisi, satpam, semua Militer (laut/darat/udara), pelayaran, tinju, pilot, penari dll.( jadi pertanyan apakah anak yang suka lompat ,suka mukul meja,berantem bahkan lempar sepatu adalah termasuk kecerdasan ini dan bagaiman cara menanganinya?)
6. Kecerdasan sosial Interpersonal
Kecerdasan Interpersonal adalah jenis kecerdsana anak yang mampu untuk memahami diri sendiri, baik secara mental , emisoanal , maupun spritual sehingga anak dapat mandiri, memotivasi diri, bertahan, penguasaan diri, berpikir secara positif, tangguh dan mampu untuk memberi solusi sebagai jawaban atas permasalahan yang dia alaminya. Manfaat anak memiliki kecerdasan interpersonal adalah anak mampu memenage diri sendiri (waktu, plan kerja ,dll).
7. Kecerdasan Naturalis
Kecerdasan Naturalis adalah jenis kecerdasan anak yang mempunyai keingin berbaur dengan alam hal ini terlihat misalkan seseorang anak sangat suka mengamati tumbuhan,hewan atau pun alam sekitar apabial diajak jalan atau sangat suka ke pantai gunung dibandingakan ke mall atau taman hiburan lainnya, mungkin sangat suka tentang pelajaran biologi, suka menggambar ikan atau sering menyisihkan jajan hanya untuk membeli ikan hias. Profesi yang atau jurusan yang dianjurkan pertaniaan, peternakan, pelatih hewan,dokter hewan, bio kelautan, zologi, dll
Manfaat bagi guru setelah mengetahui 8 kecerdasan anak antara lain:
1. Membantu mempermudah guru untuk mengetahui gaya belajar anak yang sesuai, tanpa menyama ratakan kepada setiap anak didik karena setiap anak unik dan berbeda, mereka semua jenius pada bidang masing-masing.
2. Guru dapat mengetahui sejauh mana kemampuan anak berpikir, menerima, menyerap palajaran yang diberikan guru sehingga memungkinkan ada kerja sama dengan orang tua untuk perbaikan anak baik secara keilmuan ,kemampuan sosial anak atau mental
3. Sebagai pengalaman kedepan dalam mendidik anak dengan metode pada setiap kecerdasan dan kepripadian anak anak sesuai kecerdasan yang dia miliki, kepribadian yang kami maksud adalah sangunis, plegmatis, koleris dan melankolis.
4. Untuk menjalin kerja sama antara guru dengan mata pelajaran yang berbeda sehingga anak tidak disamakan porsi setiap mata pelajaran bagi siswa yang nota beneya telah dibuat kesepakatan dengan orang taua tetang jurusan yang akan di ambil saat kuliah.
Saran dari kami :
Didiklah setiap siswa setidaknya memiliki 4 kecerdasan dengan taraf yang sama atau berbeda misalnya:
a) Arsitek ( kecerdasan logik, visual, bahasan dan kinestetik)
b) Vokalis ( kecerdasan musik, logik, bahasa dan kinestetik)
c) Atlet (kecerdasan kinestetik, bahasa, logik dan natural)
d) Polisi ( kecerdasan Interpersonal, kinestetik, logik, dan bahasa)
Contoh kasus:
Misalkan seorang anak sangat berminat dengan menghitung dan menggambar namun pendiam dan malas olahraga. Guru dapat mengasumsikan anak ini nantinya akan menjadi ,desainer fashion,desain produk,desain grafis,desain purniture,desain lansekap ahli mesin atau arsitek. Dari kondisi ini telah terbaca setidaknya gambaran besar atau bingkai masa depannya apa yang menjadi kelemahan dan kekuatanya. Sang anak kuat dalam menghitung dan menggambar namun lemah dalam berkomunikasi contohnya seorang arsitek atau perancang lainya selain kuat menghitung dan menganalisa gambar dia juga harus terampil berkomunikasi untuk menjelaskan konsep pada owner, produk desain yang bagaiman yang akan dikeluarkan tahun ini dan juga bukankah untuk mencapai semua itu setiap orang harus sehat secara pisik ,untuk apa sukses namun sakit –sakitan ? dalam hal ini guru memotifasi siswa agara rajin olahraga tanpa bermaksud menuntun dia menjadi atlet renang , bukankah kecerdasan bahasa anak harus diasah juga?. Dalam hal inilah guru turut berperan mencerdaskan anak bangsa dan jangan lupa sesuaikan lagi dengan kepribadian anak apakah si anak memili kepribadian melankolis plegmatis, atau melankolis koleris setiap kepribadian diatas juga memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing. Buat para guru selamat mencoba.
No comments:
Write comments